Jul 5, 2020
  • Hubungan Internasional
  • 081226993704
  • -

Pagar-Pagar Tembok Diplomatika

  • Jendela Buku HI
  • Dec 22, 2019
  • 370

Profil Buku

Judul: Pagar-Pagar Tembok Diplomatika

Penulis: Prof. Dr. Tulus Warsito, M.Si

Penerbit: Ombak

Tahun: 2019

 

 

Hubunganinternasional.id (HI.id): Apa yang melatarbelakangi anda menulis buku “Pagar-Pagar Tembok Diplomatika”?

 

Prof. Dr. Tulus Warsito, M.Si (T.W): Saya menulis buku ini karena merasakan ada paradox dalam Hubungan Internasional. Di satu sisi ada kecenderungan integratif dari beberapa negara yang menjadi satu dan melebur tanpa batas, seperti di Uni Eropa, akan tetapi di sisi lain justru orang membangun tembok-tembok baru seperti Tembok Meksiko dan Tembok Israel.

 

Hi.id: Menurut pendapat anda, mengapa negara membangun tembok perbatasan?

 

T.W: Menurut saya ada beberapa alasan, antara lain untuk menegaskan kedaulatan negara dari ancaman luar, baik ancaman keamanan, ekonomi maupun kebudayaan. Hal ini juga bertujuan untuk menghambat penyelundupan dan lain sebagainya.

 

HI.id: Menurut pendapat anda, apa konsekuensi politik dari pembangunan tembok perbatasan ini bagi negara-negara yang bertetangga?

 

T.W: Ada beberapa konsekuensi terkait hal ini seperti munculnya persepsi paranoid terhadap negara tetangga, ataupun konsekuensi lain seperti terkucilkannya masyarakat perbatasan

 

HI.id: Bagaimana dengan konsekuensi ekonomi dari pembangunan tembok perbatasan?

 

T.W: Jika ada ketimpangan ekonomi dari dua negara yang berbatasan, maka keberadaan tembok akan membuat lebih parah ketimpangan tersebut. Hal ini juga dapat mendorong timbulnya pasar gelap.

 

Image: Prof. Dr. Tulus Warsito, M.Si

Sumber: http://s3pi.umy.ac.id/dosen/prof-dr-tulus-warsito-m-si/

 

HI.id: Apakah tembok perbatasan masih diperlukan pada era globalisasi seperti sekarang ini? Bukankah globalisasi melunturkan batas-batas wilayah negara? Bagaimana pendapat anda?

 

T.W: Kenyataannya tembok masih terus dibangun dengan pelbagai alasan. Justru globalisasi merangsang munculnya lokalisasi dengan kemunculan tembok-tembok tersebut.

 

HI.id: Terima kasih atas kebersediaan anda menjawab pertanyaan kami. Semoga karya anda berguna bagi masyarakat umum maupun penstudi Hubungan Internasional lainnya.

 

  • Penulis : Admin
  • Deskripsi :
comments powered by Disqus