Nov 18, 2019
  • Hubungan Internasional
  • 081226993704
  • -

Supranasionalisme Uni Eropa

  • Jendela Buku HI
  • Apr 30, 2019
  • 466

Resensi Buku Supranasionalisme Uni Eropa

 

Pemberi Resensi: Patricia Gita Pusparini
Editor: Randhi Satria

 

Uni Eropa adalah sebuah organisasi regional yang dianggap paling maju di dunia. Uni Eropa merupakan sebuah produk hasil integrasi di wilayah Eropa Barat. Integrasi yang terbentuk ini salah satunya disebabkan oleh ketakutan akan timbulnya perang baru dan keadaan ekonomi di Eropa pasca perang. Melalui buku ini Penulis Dr. Ali Muhammad mencoba menjelaskan berbagai keunikan Uni Eropa yang berbeda dari organisasi internasional lainnya yaitu memiliki karakter intergovermentalisme dan supranasionalisme dengan mempercayakan sebagian kewenangan Negara mereka kepada badan – badan pembuat kebijakan Uni Eropa.

 

Image: Buku Supranasionalisme Uni Eropa karya Dr. Ali Muhammad


Dalam buku ini saya menemukan berbagai macam hal menarik yang penulis coba sampaikan. Pertama, adalah tentang mekanisme keanggotaan dan perluasan keanggotaan dalam Uni Eropa yang memiliki dua aliran utama pendukung yaitu deepening merupakan pendalaman internal kualitas organisasi dan widening merupakan perluasan keanggotaan dengan syarat yang lebih longgar. Selain itu gelombang perluasan yang dilakukan secara bertahap tetap mengalami berbagai kendala utama salah satunya ketimpangan ekonomi dan demokrasi serta budaya politik negara yang berbeda.  


Kedua, adalah terkait kebijakan ekonomi sebagai kekuatan besar Uni Eropa yaitu integrasi ekonomi. Hal tersebut dapat dilihat dari penyelesaian proyek pasar tunggal yang dilakukan dengan menghapus berbagai macam hambatan seperti fisik, fiskal, hingga teknis disamping berbagi implikasi yang ditimbulkan dalam berbagai sektor. Salah satu bentuk kesuksesan besar pasar tunggal adalah penerapan zona euro di kawasan tersebut. Penerapan mata uang tunggal euro dianggap sebagai pencapaian puncak lima puluh tahun Uni Eropa dan berperan menjadi aktor baru yang penting dalam sistem ekonomi internasional.


Ketiga, adalah masalah kompleksitas hubungan Uni Eropa dengan aktor lainnya. Dalam buku tersebut menjelaskan tentang hubungan tarik ulur transatlantik dengan Amerika Serikat karena seringkali terdapat perbedaan pandangan. Kemudian juga menjelaskan tentang ketidakharmonisan hubungan Uni Eropa dengan Russia yang semakin memanas setiap tahunnya. Selain itu juga menjelaskan tentang meningkatnya minat hubungan Uni Eropa dengan organisasi regional lainnya yaitu ASEAN yang ditandai dengan munculnya berbagai dialog dan pendekatan bilateral dengan Negara – Negara di asia tenggara.


Hal terpenting lainnya yang saya dapat setelah membaca buku ini adalah bahwa Uni Eropa merupakan sebuah organisasi yang berjalan melewati berbagai fase penting dalam sejarah dunia seperti masa pasca perang dunia, perang dingin, krisis keuangan global, hingga berbagai masalah baru lainnya yang muncul. Hal tersebut telah membentuk Uni Eropa tumbuh dengan berbagai kebijakan dan aktivitas yang dipengaruhi oleh hal – hal tersebut.

 

Image: Patricia Gita Pusparini. Pemberi Resensi


Pada akhirnya buku ini dapat memberikan kita gambaran secara luas tentang organisasi Uni Eropa. Dalam buku tersebut saya melihat terdapat berbagai fakta menarik tentang topik pembahasan dan perspektif beberapa teori dalam hubungan internasional yang dapat digunakan untuk melihat aktivitas Uni Eropa. Dengan menggunakan pendekatan secara Historis penulis mencoba membuat para pembaca agar dapat lebih mudah memahami alasan hingga sebab akibat bagaimana serangkaian peristiwa yang menyangkut Uni Eropa terjadi. Berbagai macam hal dapat dieksplorasi lebih lanjut oleh setiap pembaca meskipun sering dijumpai kesalahan penulisan kata maupun kalimat. Menurut saya, buku ini cocok bagi setiap pembaca yang ingin menggali lebih dalam pengetahuan tentang Uni Eropa yang masih memiliki relevansi hingga saat ini.

 

Surakarta, 30 April 2019
Pemberi resensi,


Patricia Gita Pusparini
Mahasiswi Semester 4 Program Studi Hubungan Internasional Universitas Sebelas Maret Surakarta

 

 

  • Penulis : Admin
  • Deskripsi :
comments powered by Disqus